Berita

MTsN 1 Boltim Gelar PAT Berbasis Android Bagi Peserta Didik Kelas 9

Selasa, 19 Maret 2024 22:53 WIB
  • Share this on:

BOLTIM (Kemenag) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas 9 tahun pelajaran 2023/2024 yang resmi dimulai pada Senin (18/3). Digelar berbasis android mengandalkan moda daring, PAT diikuti oleh sebanyak 121 peserta yang seluruhnya merupakan peserta Asesmen Madrasah (AM) T.P. 2023/2024.

Dari teknis pelaksanaan, PAT terbagi dalam empat ruang ujian dengan menempati masing-masing kelas belajar peserta didik. Satu ruang tambahan, yakni laboratorium komputer digunakan untuk mengakomodir peserta didik yang tidak memiliki smartphone.

Kepala MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur, Santhy Isa, S.Pd., M.Pd yang memantau langsung pelaksnaan PAT menyatakan kepada tim humas madrasah bahwa pelaksanaan PAT hari pertama berjalan lancar dan tertib.

"Alhamdulillah, terpantau tadi sampai selesai seluruh mata ujian di hari pertama, PAT berjalan lancar dan tertib, praktis, tidak ada kendala yang berarti baik sisi teknis maupun non-teknis. Terima kasih kepada seluruh panitia PAT yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. Saya berharap seluruh siswa mengikuti PAT dengan baik, InsyaAllah meraih hasil yang maksimal." Ungkap Santhy.

Kepada tim humas, Santhy juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan PAT selain tujuannya untuk mengukur daya serap dan capaian serta kemajuan peserta didik terhadap kompetensi yang dipelajari, PAT kali ini juga merupakan sebuah tahapan penting bagi seluruh peserta didik kelas 9 jelang pelaksanaan AM.

"Ini tentunya menjadi satu tahap persiapan bagi peserta didik kelas 9 sebelum menghadapi Asesmen Madrasah yang InsyaAllah terjadwal April nanti. Olehnya, dalam pelaksanaan PAT kali ini ada beberapa pengkondisian yang diharapkan dapat memberikan gambaran pelaksanaan AM. Satu diantaranya adalah bentuk dan level soal yang diujikan. Ini tentunya diluar try out yang InsyaAllah juga akan dilaksanakan nantinya." Tutupnya.

Terpantau, dihari pertama pelaksanaan PAT peserta didik menyelesaikan ujian untuk tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Fiqih, dan PPKn. Adapun sesuai jadwal yang dishare oleh panitia, terjadwal PAT akan digelar hingga Jumat (22/3) mendatang. (nca)

Editor:
Ari
Kontributor:
Ariansyah
Penulis:
Ariansyah
Fotografer:
Reko Gumeleng

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang Mongondow Timur bersama Jajaran Mengucapkan Selamat hari Santri Nasional Tahun 2023
  • Kakankemenag Boltim diwakili Kasubbag TU H. Muh Ma'mur serahkan Surat Keputusan Plh Kepala MTs N 1 Boltim, Kamis (03/08) bertempat di MTs Negeri 1 Boltim
  • Kakankemenag Boltim H. Aswin Kiay Demak buka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja Emester I Tahun Anggaran 2023 Jajaran Kantor Kemenag Boltim, Kamis (03/08) di MTs Negeri 1 Boltim.
  • Kepala KUA Kec. Kotabunan Gafar Bakari Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Teknis dan Perilaku SDM KUA Berorientasi Layanan Publik, Rabu (02/08) bertempat di The City Hotel Maluku.
  • Wenty, satu-satunya peserta dari Kemenag Boltim yang dinyatakan lulus dalam seleksi calon peserta PPG PAK pada Juni 2022.