Berita

Mengintip Serba-Serbi Pengenalan dan Kontekstualisasi P5P2RA MTsN 1 Boltim: Dari Pemahaman Demokrasi Hingga Simulasi Debat Paslon

Minggu, 3 Maret 2024 23:01 WIB
  • Share this on:

BOLTIM (Kemenag) - Pengenalan dan kontekstualisasi merupakan dua tahapan penting dalam pengembangan alur Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) Kurikulum Merdeka. Hal tersebut yang kemudian tercermin dari pelaksanaan P5P2RA kedua bagi peserta didik kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur ditahun pelajaran 2023/2024 yang berlangsung sejak Senin (26/2) hingga Jumat (1/3).

Mengusung tema Suara Demokrasi, beragam kegiatan menghiasi tahap pengenalan dan kontekstualisasi menuju aksi nyata kegiatan inti Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024/2025 yang terjadwal pada Senin (4/3) nanti. Berbagai kegiatan pengenalan dan kontekstualisasi telah dilalui oleh seluruh peserta P5P2RA mulai dari materi kelas seperti pemahaman demokrasi, kepemimpinan, OSIS, alasan pemilihan calon, serta mempraktikkan langsung cara merancang visi-misi dan program kerja paslon. Didua hari terakhir, para peserta juga terlibat aktif dalam pembuatan alat peraga kampanye seperti poster dan video dukungan serta mengikuti simulasi debat paslon.

Terkait hal tersebut, Kepala MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur, Santhy Isa, S.Pd., M.Pd kepada tim humas madrasah mengungkapkan bahwa sesuai jadwal yang telah dirancang, pelaksanaan P5P2RA diharapkan memenuhi seluruh tahapan yang telah ditentukan mengingat pengolahan, penguatan, dan pembentukan karakter peserta didik terjadi pada alur proses.

"Pengenalan dan kontekstualisasi adalah tahapan penting dalam P5P2RA sehingga peserta didik mengenali dan memiliki kesadaran terhadap tema yang sedang dipelajari dan tentunya dapat menggali permasalahan nyata di lingkungan sekitar. Jadi tidak ujug-ujug aksi nyata. Itu yang membedakan dengan kegiatan serupa ditahun-tahun sebelumnya (Pilketos tanpa P5P2RA-red)." Ungkap Santhy.

Dalam kesempatan tersebut, Santhy juga mengungkapkan kekagumannya pada kreativitas yang ditunjukkan oleh peserta didik dalam pembuatan alat peraga kampanye yang dinilainya sangat kreatif dan menjadi nilai plus dalam pelaksanaan P5P2RA kali ini.

"Saya juga melihat langsung berbagai poster dan video dukungan yang dibuat, sangat menarik. Disitu juga terlihat kepiawaian peserta didik dalam mengenal dan memanfaatkan perangkat digital. Ini tentunya dapat menjadi poin plus dalam pelaksanaan P5P2RA." Lanjut Santhy.

Seperti diketahui, puncak pelaksanaan P5P2RA kali ini akan berlangsung pada Senin (4/3). Terinformasi, dihari tersebut akan diisi dengan dua kegiatan utama, yakni debat pasangan calon dan pemungutan suara.(nca)

Editor:
Ari
Kontributor:
Ariansyah
Penulis:
Ariansyah
Fotografer:
Reko Gumeleng

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang Mongondow Timur bersama Jajaran Mengucapkan Selamat hari Santri Nasional Tahun 2023
  • Kakankemenag Boltim diwakili Kasubbag TU H. Muh Ma'mur serahkan Surat Keputusan Plh Kepala MTs N 1 Boltim, Kamis (03/08) bertempat di MTs Negeri 1 Boltim
  • Kakankemenag Boltim H. Aswin Kiay Demak buka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja Emester I Tahun Anggaran 2023 Jajaran Kantor Kemenag Boltim, Kamis (03/08) di MTs Negeri 1 Boltim.
  • Kepala KUA Kec. Kotabunan Gafar Bakari Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Teknis dan Perilaku SDM KUA Berorientasi Layanan Publik, Rabu (02/08) bertempat di The City Hotel Maluku.
  • Wenty, satu-satunya peserta dari Kemenag Boltim yang dinyatakan lulus dalam seleksi calon peserta PPG PAK pada Juni 2022.